😇 Siapa yang Salah?

Pagi-pagi masuk kantor, udah di cecer sama atasan. Alasan macem-macem. Mau marah mana masih pagi banget. Tapi mulai hari kok gini amat?

Sering disituasi seperti itu? Bukan cuma atasan tapi semua orang bisa “nyalahin” Anda. Apakah Anda artinya pasti salah? belum tentu kan buktinya kita diberikan kemampuan ngomel.

Anda punya pandangan sendiri kenapa Anda benar, mungkin ada orang yang mendukung Anda, dan alibi yang kuat. Seharusnya seperti ini, seharusnya seperti itu. Apakah itu pandangan paling benar?

Bayangkan dunia penuh yang penuh pandangan semua orang. Semua orang merasa dirinya benar. Apa yang terjadi? Perang. Argument saling menyalahkan tanpa memberikan solusi.

Jadi siapa yang benar? atau lebih tepatnya apa yang benar?

Sosok subjek tidak penting dalam kebenaran ini tapi apakah faktanya mendukung beda cerita. Terkadang Anda mengambil kesimpulan berdasarkan siapa yang berbicara, bukan apa yang dibicarakan.

Misalnya kasus diatas, atasan ngomel-ngomel mungkin memang sudah kesalahan Anda, namun karena pada dasarnya hubungannya tidak baik maka kejadian masa lalu membuat citra atasan Anda jelek. Ini pun sangat berlaku ke orang terdekat Anda. Coba bayangkan kapan terakhir kali menyalahkan mereka karena siapa mereka, bukan apa kesalahannya?

Setelah mengetahui ini Anda bisa lebih bijak menyalahkan sesuatu. Jika musuh Anda yang berbicara kebenaran, maka Anda harus setuju. Walaupun pernyataan itu kontradiktif tapi kalau benar, Anda harus setuju. Tanpa melihat siapa orangnya.

Seharusnya kita tidak peduli pada siapa yang benar, namun pada kebenarannya sendiri. Kita bukan ingin menjadi orang yang paling dianggap benar, namun orang yang mengambil keputusan dengan benar.


OK, segitu dulu sharing kali ini.

Sekarang giliran Anda. Klik tombol forward dan sebarkan email ini ke 1-2 temanmu yang tertarik dengan cerita seperti ini. Mereka juga bisa subscribe untuk mendapatkan update di: asoca.id/newsletter. Semakin banyak disebar, semakin berkualitas konten kami.

Terakhir, saya minta tolong ambil 2 detik saja untuk reply email ini jika Anda suka dengan edisi kali ini:

  • A+ = gila topiknya bagus banget!

  • B = ya lumayan..

  • C = meh..

  • D or F = gak suka banget!

Let me know your feedback! Anda juga bisa berinteraksi dengan saya di grup Telegram.

Stay safe,

William Jakfar