😞 Sering Kecewa? Baca Email Ini

Saya lagi mencoba experiment dengan lebih sering mengirim email. Do let me know kalau terlalu sering ya! Saya mencoba yang terbaik untuk memberikan konten untuk Anda.

Mudah sekali kecewa dengan kehidupan, bahkan manusia. Bayangin lagi nyetir: setiap motor lewat bisa bikin marah, atau sampah yang ada dimana-mana, belum lagi emak-emak yang belok kemana tapi lampu dimana. Argh rasanya setiap hal bikin Anda gak percaya dengan dunia.

Lebih mudah lagi untuk kecewa dengan orang. Menyalahkan orang. “Dasar pengemudi lamban!”, ujar kita dalam hati. “Emang jalan punya nenek lo!”, teriak kita untuk pengemudi yang sembrono.

Kenapa dengan dunia? Siapa yang mengijinkan dunia menyakiti kita? Apa masalah pengemudi-pengemudi diluar itu?

Pertanyaan ini bisa diteriakkan didalam mobil. Atau bisa dipikirkan dengan pelan-pelan. Apakah yang salah itu dunia atau caraku melihat dunia? Di planet yang memiliki lebih dari 1.4 Milyar mobil, mungkin sudah sewajarnya banyak pengemudi yang semena-mena?

Jika 0.05% pengemudi dari seluruh dunia tidak pantas naik mobil, maka masih ada 14 juta mobil berkeliaran di jalan. Tentu salah satu dari mereka bisa muncul didepan Anda, bukan?

Mungkin cara yang lebih tepat menyikapinya adalah dengan memahami bahwa dunia adalah tempat yang luas. Ada hal yang bagus tapi pasti ada hal yang jelek. Ada pengemudi yang baik hatinya tapi tidak jago menyetir, namun ada juga yang pengemudi yang mungkin punya niat jahat, tapi menyetir dengan sangat hati-hati. Semua orang di dunia hanya berusaha beradaptasi dan hidup, dan Anda tidak tahu backgroundnya.

Persiapkan diri dengan keberagaman ini. Fakta bahwa hidup susah Anda kendalikan karena banyak faktor eksternal. Nikmati faktor eksternal tersebut dan hargai mereka. Sama seperti orang lain pun menghargai Anda sebagai faktor eksternal yang tidak bisa mereka kendalikan sepenuhnya.

Anda bisa kecewa, tapi Anda juga bisa memilih untuk menggelengkan kepala dan bilang, “Biasalah.”


OK, segitu dulu sharing kali ini.

Sekarang giliran Anda. Klik tombol forward dan sebarkan email ini ke 1-2 temanmu yang tertarik dengan cerita seperti ini. Mereka juga bisa subscribe untuk mendapatkan update di: asoca.id/newsletter. Semakin banyak disebar, semakin berkualitas konten kami.

Terakhir, saya minta tolong ambil 2 detik saja untuk reply email ini jika Anda suka dengan edisi kali ini:

  • A+ = gila topiknya bagus banget!

  • B = ya lumayan..

  • C = meh..

  • D or F = gak suka banget!

Saya juga membuka kesempatan buat teman-teman yang ingin berkonsultasi tentang karir atau apapun. Silahkan reply email ini dengan pertanyaannya. Ditunggu ya!

Stay safe,

William Jakfar