✨ Pentingnya Hal-hal Kecil

Hi, balik lagi ke edisi newsletter Asoca.

Sedikit-sedikit lama lama jadi bukit. Pepatah lama. Supaya Anda lebih sabar dan tidak grasak-grusuk mungkin.

Jaman serba dikit-dikit viral. Lagu yang diingat minggu ini belum tentu bertahan sampai minggu depan. Apalagi upaya yang Anda lakukan, terasa sangat tidak signifikan.

Baru mencoba rutin bangun jam 6 pagi, anak tetangga sebelah udah untung main saham. Baru coba bikin akun saham, anak belakang komplek udah main crypto.

Padahal trend cuma sementara, tapi hal-hal kecil yang Anda kerjakan sekarang akan tetap bertahan. Hal-hal kecil lah yang membuat Anda bisa tetap menjaga hubungan dengan orang lain, tahu trend selanjutnya, atau sekedar.. menikmati hidup.

Hal-hal kecil maksudnya gimana? Ya sekecil gimana rutinitas Anda, apa yang sedang Anda latih, apa aturan hidup Anda, apa habit Anda, dan lainnya. Setiap hari, tanpa henti, sampai membekas.

Misalnya saya di investasi punya peraturan-peraturan kecil yang membuat saya lebih tidak cemas dibanding orang kebanyakan:

  • Saya tidak mau beli sesuatu karena ikutan trend

  • Saya menghindari beli investasi menggunakan handphone, harus lewat laptop

  • Saya memvalidasi sesuatu berkali-kali, mencari sudut pandang yang berlawanan untuk mendapatkan keputusan yang lebih tenang

  • Saya tidak akan beli kalau dipaksa atau dalam keadaan buru-buru

  • Kalaupun saya sudah yakin mau beli, saya akan beli dikit-dikit alias dicicil.

Semua peraturan ini saya gunakan untuk membuat diri saya tenang, mengurangi risiko, dan membuat hidup saya teratur. Saya tidak mau melanggar prinsip sendiri dan susah juga dilanggar, karena saya sudah membangun habit ini dari 4 tahun lalu/

Hidup damai sejahtera itu tergantung langkah yang Anda ambil hari ini, berbuah di masa depan. Semuanya bakal numpuk. Habit jelek numpuk, habit bagus numpuk. Banyak alasan juga numpuk. Jadi pilih tumpukan masa depan Anda.


OK segitu dulu sharing kali ini,

Sekarang giliran Anda, saya butuh respon Anda untuk 3 hal yaitu:

  • Saya membuka open consultation untuk diskusi karir, produktivitas, dan lainnya. Balas email ini untuk diskusi dengan saya yaa

  • Suka dengan email ini? Ajak dua teman Anda untuk subscribe di asoca.id/newsletter dan follow Twitter saya untuk mendapat update terbaru

  • Terakhir, saya minta tolong ambil 2 detik untuk klik ❤️love❤️ dibawah jika Anda menyukai edisi kali ini 👇👇👇

Salam hangat,

William Jakfar

Founder of Asoca 

P.S. Join grup private telegram Asoca disini